Jalan-Jalan Mudik Lebaran 2016 (1): Jakarta

Mudik lebaran tahun 2016 ini menggunakan pesawat dari Jambi ke Jakarta terus disambung kereta api ke Jogja. Selisihnya sih nggak banyak kalo lanjut menggunakan pesawat karena lebaran gini tiket kereta api juga muahal, Rp 480.000,- per orang. Pengen jalan-jalan dulu di Jakarta, karena selama ini di Jakarta seringnya hanya transit saja. Jadwal pesawat mendarat di CGK jam 09.25 WIB dan kereta api berangkat dari Gambir jam 21.00 WIB. Wuih lama banget dong nunggunya. Ya iyalah kalo hanya duduk di stasiun nunggu kereta api berangkat yang lama pake banget. Tapi di Jakarta itu waktu yang singkat. Dari pada bengong nunggu keberangkatan kereta api ya jalan-jalan saja di Jakarta. Makanya itu saya sengaja ambil penerbangan pagi dan keretanya malam biar bisa jalan-jalan dulu hihihi…. Bukan jalan-jalan biasa lho, tapi wisata edukasi ceritanya.

Pesawat mendarat sesuai jadwal, kemudian nyari bis Damri yang ke Stasiun Gambir. Saya memang ingin mengenalkan pada Nashwa untuk naik transportasi umum, karena kalo di rumah kemana-mana ya pake kendaraan pribadi, transportasi umum minim banget. Biar dia tahu kalau naik transportasi umum itu bisa juga nyaman kok. Kira-kira pukul 10.15 WIB bis sudah meluncur ke Stasiun Gambir dan sekitar sejam kemudian sampai. Masuk ke stasiun menuju ke tempat penitipan barang, tapi mampir dulu ke Bakso Malang, ngisi perut sebelum jalan-jalan. Musafir kan ada keringanan boleh tidak berpuasa to? Hehehe… Dapat keringanan ya dipakai dong, padahal di hotel tadi kami ikut makan sahur. Kok di hotel? Ya karena jarak rumah dari bandara yang jauh, untuk ikut penerbangan pagi harus menginap di hotel.

Read More »