Mengganti Spion N Max dengan Spion X Max

Yamaha N Max masuk ke dalam segmen skutik premium, namun sayangnya spionnya masih common parts alias sama dengan spion-spion motor Yamaha tipe lain. Karenanya banyak pemilik yang mengganti atau memodifikasi spion dengan bentuk yang lain.

Bicara soal modifikasi kendaraan, itu hak pribadi ya, mau dibuat seperti apapun itu kan pake duit sendiri. Tapi ingat, kendaraan itu nantinya akan digunakan di jalan umum, bukan jalan pribadi. Oleh karena itu kalau saya berprinsip, modifikasi itu sah-sah saja tapi soal keamanan tetap nomor satu, jangan sampai orang lain ikut celaka karena kelalaian dan ke-alay-an kita dalam memodifikasi.

DSC07946
Hasilnya seperti ini. Kece ora gaes? 😀

 

Banyak pengguna N Max yang mengganti spionnya dengan spion yang ditempel di bodi depan menggunakan spion motor sport berfairing, dan kebanyakan menggunakan spion milik Yamaha R25. Selain itu ada juga yang mengaplikasikan spion model lipat dengan berbagai macam bentuk.

spion r25
N Max dengan spion R25 (sumber)
spion lipat
N Max dengan spion lipat (sumber: tokopedia.com)

Tapi saya tidak tertarik untuk mengganti spion N Max saya dengan model seperti itu karena dengan pertimbangan meskipun masih bisa berfungsi untuk melihat ke belakang, namun tidak sebagus spion standar.

Bagi yang tetap ingin mempertahankan letak spion di stang namun dengan tampilan berbeda, banyak yang menggunakan spion motor Bajaj Pulsar 200 NS yang memang cocok untuk dipasang di N Max. Namun saya kurang tertarik dengan modelnya. Dan berbagai modifikasi spion lainnya.

spion pulsar
N Max dengan spion Bajaj Pulsar 200 NS. (sumber)

Nah pada saat kemunculan X Max, saya tertarik dengan model spionnya dan ingin mengganti spion N Max saya dengan ini. Sejak X Max resmi dijual, saya berusaha mencari di toko online namun hasilnya nihil. Dan beberapa waktu lalu dari postingan di Instagram dari sebuah dealer resmi Yamaha di Jakarta, bahwa spion X Max tersebut sudah tersedia. Dealer ini memang melayani penjualan online suku cadang asli Yamaha ke seluruh Indonesia dengan harga yang sesuai dengan harga di katalog suku cadang Yamaha.

Saya coba cek harganya dan ternyata harganya mahal gaes…., yaitu Rp 133.000,- per buah, ya per buah alias sebelah saja, kalo sepasang tinggal dikalikan 2. Bandingkan dengan spion N Max yang hanya Rp 46.000,- per buah. Apa semakin mahal motor, harga spion juga ikut mahal. Tidak juga sih, karena saya coba cek harga spion Vixion R hanya Rp. 30.000,- per buah, sedangkan spion motor entry level Vega Force justru malah lebih mahal, yaitu Rp. 35.000,- per buah. Spion skutik seharga Rp 55 juta ini seperti apa sih, kok selisih dengan spion N Max banyak banget, harga sepasang spion N Max saja nggak cukup untuk membeli satu spion X Max.

Namanya sudah kepincut, harga jadi nomor dua hehehe… walaupun sempat ragu apakah spion ini bisa dipasang di N Max karena memang belum pernah tahu ada yang memasang spion X Max di N Max.

Pesanan datang dengan packing yang rapi dan aman. Kesan pertama melihat spion X Max ini adalah terlihat batang spion lebih besar dibandingkan dengan spion N Max sehingga sempat terpikir jangan-jangan tidak bisa dipasang di N Max karena diameternya lebih besar. Ketika mencoba memasang yang sebelah kanan, spion tidak bisa terpasang, sehingga sempat terlintas kalau dugaan saya tersebut benar, namun ternyata yang sebelah kiri bisa. Ini berarti baut sambungan sebelah kanan arah ulirnya berbeda sehingga harus mencari yang sesuai dan setelah dapat, tara…. spion X Max resmi terpasang dengan sempurna sesuai keinginan.

Baut sambungan yang saya dapatkan memang berbeda warna dan panjangnya, tetapi itu tidak menjadi masalah karena nanti akan tetutup karet pelindung. Dan selisih panjang baut sekitar 2 mm juga tidak akan kelihatan, namun supaya tinggi antara spion kanan dan kiri sama, baut sambungan sebelah kiri saya beri ring.

DSC07936
Baut sambungan yang asli sebelah kiri

Berikut saya tampilkan foto-foto perbandingan spion X Max dengan N Max. Oiya, seperti halnya spion N Max, pada spion X Max tidak tertera tulisan “YAMAHA”, namun yang ada adalah merk spion tersebut, yaitu “TOYO”.

DSC07930
Sepasang

DSC07931

DSC07933

Yang tidak saya sukai dari spion X Max ini adalah bentuk engselnya, seperti terlihat pada foto dibawah ini.

DSC07935
Engsel spion X Max
DSC07934
Engsel spion N Max

Kenapa saya tidak suka, karena saya perhatikan spion dengan engsel seperti itu tidak dapat bertahan lama alias mudah oblak. Saya lebih suka spion dengan engsel model spion N Max, dimana terdapat juga mur untuk mengencangkan bagian kaca spion jika dirasa longgar. Selain itu, spion dengan model engsel seperti ini lebih mudah untuk diatur arahnya sesuai dengan yang kita inginkan. Tetapi semoga kualitas spion ini sebandinglah dengan harganya, tidak seperti spion dengan model engsel sejenis dan pada kondisi sekarang memang terlihat kuat, semoga beneran awet kuatnya.

Begini kira-kira perbandingan antara spion N Max dengan X Max ketika sudah dipasang di motor.

DSC07953

DSC07948

Setelah dipakai berkendara bagaimana rasanya? Satu kata, mantap! Pandangan ke belakang sangat jelas karena memang sedikit lebih panjang dibanding spion asli N Max dan getaran juga minim sehingga berkendarapun semakin nyaman. Gini ni harusnya modifikasi itu, fungsi bertambah dan kalau nambah kece itu bonusnya. Mau ikutan?

Iklan

6 respons untuk ‘Mengganti Spion N Max dengan Spion X Max

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s