Peta Rute Trans Semarang

Trans Semarang, sistem transportasi massal dengan konsep Bus Rapid Transit (BRT), di Kota Semarang tentunya, yang dilunluncurkan sejak tahun 2009  kini sudah mempunyai 6 koridor. Konon, jumlah penumpang Trans Semarang ini terbanyak kedua setelah Trans Jakarta.

Berikut ini peta rute yang menurut saya sangat bagus dan mudah dipahami. Ini bukan peta resmi dari pihak pengelola Trans Semarang. Peta ini dibuat oleh komunitas pemerhati angkutan umum. Jika dilihat peta ini sangat Trans Jakarta benget gayanya. Nggak heran sih karena si pembuat memang punya andil besar dalam pembuatan peta rute Trans Jakarta.

Peta rute Trans Semarang
Ukuran lebih besar klik disini

Meskipun peta tersebut belum 100% sempurna dan akurat terutama mengenai lokasi halte, saya cukup puas dengan adanya peta diatas dan sangat mengapresiasi bagi pembuatnya yang telah meluangkan waktunya untuk membuat peta sebagus ini. Seiring dengan berjalannya waktu semoga peta ini bisa semakin sempurna dan membantu orang yang membutuhkannya.

Berikut peta resmi yang pernah dibuat oleh pengelola Trans Semarang yang menurut saya kurang bagus dan cukup membingungkan karena untuk satu jalur koridor dibuat dengan dua garis padahal melewati jalan yang sama.

Peta saat masih 1 koridor, yaitu koridor 1.

1k
sumber

Peta 2 koridor, yaitu koridor 1 dan 2.

2k
sumber

Peta 3 koridor, yaitu koridor 1, 2 dan 4. Koridor 4 diluncurkan duluan daripada koridor 3.

3k
sumber

Peta 4 koridor, yaitu koridor 1 – 4.

4k
sumber

Peta 6 koridor, yaitu koridor 1 – 6. Koridor 5 dan 6 diluncurkan bersamaan.

Jpeg
sumber

Menurut saya peta saat Trans Semarang mencapai 4 koridor sudah cukup bagus dibandingkan sebelum-sebelumnya, namun ya itu kok masih pakai 2 garis untuk rute yang satu jalan, sehingga susah untuk membedakan mana rute yang lewat jalan yang sama atau berbeda, seperti ketika melewati jalan satu arah.

Saya sendiri saat Trans Semarang mengoperasikan 3 koridor, mencoba membuat sendiri peta rute. Namun karena saya tidak mempunyai kemampuan di bidang grafis atau apa itu, jadilah saya membuat peta seadanya di MS Word. Ketika koridor bertambah, saya tidak memperbaruinya karena dengan semakin banyak koridor yang beroperasi semakin sulit membuatnya hanya bermodalkan MS Word.

Peta buatan saya, seperti yang terlihat di bawah ini. Meskipun hasilnya seadanya, namun jika kita mengetik “peta rute trans semarang” di google, peta saya (yang versi pertama) ada di urutan pertama lho, dan banyak website atau blog yang mencantumkan peta saya ini 😀

peta saya

Halaman di Facebook seperti yang tercantum dalam peta diatas juga buatan saya. Awal niat membuatnya karena waktu itu belum ada wadah seperti untuk menampung segala macam tentang Trans Semarang. Namun dalam perjalanannya, saya kesulitan mengelola halaman Facebook tersebut terutama menyangkut keluhan, karena saya bukan bagian dari pengelola Trans Semarang dan saya juga tidak mempunyai akses ke pengelola untuk menyampaikan dan menyelesaikan saran atau keluhan yang masuk. Dan akhirnya halaman facebook tersebut terlantar, namun halaman Facebook bikinan saya ini jauh lebih populer lho dibandingkan Halaman Facebook resmi hehehe… Sekarang Trans Semarang sudah mempunyai akun resmi di berbagai medsos dan juga website resmi yaitu http://www.transsemarang.semarangkota.go.id

17973706_416595202041989_4800099788321774775_o
Berbagai saluran customer care (sumber)

Ayo naik bis, biar nggak bikin macet….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s