Teluk Wang Sakti

Teluk Wang Sakti bagian dari Geopark Merangin yang sedang berjuang mendapat pengakuan dari UNESCO. Lokasi mudah dijangkau karena jalan beraspal sampai ke lokasi yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Bangko, Ibukota Kabupaten Merangin, Jambi, yaitu melalui jalan Bangko – Kerinci.

14212047_10207369340853974_3954154015679705569_n

Di kawasan Geopark ini konon terdapat lempeng bumi tertua di dunia yang diperkirakan berusia 250 juta tahun dan juga berbagai fosil binatang dan tumbuhan dari masa itu yang tercetak di batu karena proses alam. Untuk dapat melihatnya kita harus naik perahu karet dari arah hulu sekitar 13 Km dari lokasi ini. Lokasi ini juga menjadi tempat arung jeram. Fosil-fosil tersebut terdapat di kanan kiri sungai. Foto-foto fosil dibawah ini saya ambil dari sini.

GM7

GM5

GM4

GM3

Di pusat kota, terdapat “Pusat Informasi Geopark Merangin” yang isinya informasi tentang Geopark dan sekaligus sebagai museum. Dari luar nampaknya bangunannya biasa, tapi ketika masuk ke dalamnya saya kaget karena bagus banget. Seperti bukan di sebuah kota kecil di Sumatera, tampilannya nggak kalah dengan museum-museum di Jakarta. Kok bisa bagus? Ya karena ini proyek dari pusat untuk mendukung upaya mendapat pengakuan dari UNESCO. Tapi sayang Pusat Informasi Geopark Merangin ini hanya buka hari kerja Senin s/d Jum’at, padahal wisatawan kan biasanya datang pada akhir pekan.

14183827_10207369359054429_6431305265136572620_n

14199169_10207369338933926_7743081823730464407_n

14222220_10207369358974427_3091503215866038637_n

14225602_10207369359174432_7143041003921713216_n

14225465_10207369367374637_6063587489400808126_n

14199761_10207369368774672_1192816864069227112_n
Ada pantai mini.
14191927_10207369372294760_1412739515711992691_n
Ada juga air terjun
14232375_10207369368094655_8984332281860047538_n
Tampilan depan Pusat Geopark Merangin.

14199180_10207369372134756_1775161213926904107_n

14222212_10207369371134731_775765467650144745_n

14199560_10207369372894775_3207907814881488619_n

Kekurangan yang saya rasakan adalah masuk ke obyek wisata Teluk Wang Sakti ini tarifnya nggak jelas. Di gerbang masuk dimintai 10 ribu untuk motor tanpa karcis dan sampai di lokasi parkir bayar lagi 10 ribu, katanya untuk uang keamanan kendaraan. Waduh…. yang begini ini yang mesti dibenahi terlebih dahulu. Maunya dapat keuntungan instant tanpa memikirkan efek lainnya. Zaman medsos gini, testimoni baik atau buruk cepat menyebar. Oiya, selain itu fasilitas di lokasi juga mesti dibenahi terutam toilet, ya memang sudah ada toilet tapi digembok. Terpaksa deh nahan pipis sampai ke masjid terdekat waktu pulang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s