#Trip2Batam (1): Terbang Perdana dengan NAM Air dan Boeing 737-500

NAM Air IN 886 dengan Boeing 737-500 registrasi PK-NAQ mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pukul 10.32 WIB Hari Kamis 23 Maret 2017, mundur dari jadwal seharusnya pukul 09.00 WIB dikarenakan kedatangan RI 1 di Batam. Ini pertama kalinya saya naik NAM AIR dan juga Boeing 737-500.

20170323_104942

20170323_092617
Proses boarding di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi.

Setidaknya nambah lagi jenis pesawat yang pernah saya naiki, Boeing 737 (seri 200, 300, 400, 500, 800 dan 900 ER), Airbus A320 dan MD-80. Maskapai juga nambah, Adam Air, Sriwijaya Air, Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia dan NAM Air. Belum pernah naik pesawat baling-baling dan wide body hehehe…

Kesan pertama saya naik NAM Air, begitu memasuki pesawat penumpang langsung disambut dengan dengan ramah dan hangat oleh awak kabin, kesan awal yang bagus. Pesawat terisi penuh tidak atau satupun kursi yang kosong dan setelah semua beres pesawat berusia 21,8 tahun ini segera bergerak untuk melesat ke angkasa. Sebelum pesawat lepas landas, ada hal yang cukup menarik dan saya mengapresiasinya,  yaitu awak kabin memimpin penumpang untuk berdoa sejenak sebelum perjalanan dimulai, hal yang belum pernah saya temui di maskapai lain.

Pesawat mengangkasa dengan mulus dan setelah berada di ketinggian yang dikehendaki, awak kabin segera membagikan segelas air mineral dan sebungkus wafer Tango, lumayan untuk camilan selama perjalanan. Ini merupakan salah satu bentuk layanan dari NAM Air yang memposisikan diri dengan layanan medium service. Setelah itu, awak kabin giliran menjajakan barang jualannya.

20170323_093341
Kaki nggak mentok 😀

20170323_103412

NAM Air merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air yang mulai beroperasi sejak tahun 2013 dengan layanan yang sama persis dengan induknya. NAM Air pada awalnya akan diposisikan sebagai feeder atau pengumpan bagi Sriwijaya Air dengan menerbangi rute ke kota-kota kecil tetapi kenyataannya NAM Air juga menerbangi rute-rute ke kota besar sebagaimana rute yang juga diterbangi oleh Sriwijaya Air.

20170323_103520

20170323_103545
Kapan ya bisa ke ujung barat Indonesia ini?

Selama penerbangan tidak ada hal menarik karena saya duduk di aisle, saya hanya membolak-balik inflight magazine yang tersedia. Cuaca juga bersahabat sehingga penerbangan berjalan nyaman hingga mendarat di Batam setelah menempuh penerbangan sekitar 45 menit. Ini kedua kalinya saya ke Batam, pertama kali dulu pada akhir tahun 2013. Jika dulu saya menemani bos, sehingga tidak “leluasa bergerak” dan hanya sempat pergi ke Mall Nagoya Hill saja, kali ini saya berniat untuk bisa menjelajahi Batam lebih banyak lagi.

20170323_104427

Saat keluar dari pesawat, awak kabin melepas penumpang dengan senyum hangatnya. Penerbangan pertama dengan NAM Air ini cukup memberikan kesan yang positif bagi saya, dan layak untuk menjadi pilihan di penerbangan-penerbangan selanjutnya.

2 thoughts on “#Trip2Batam (1): Terbang Perdana dengan NAM Air dan Boeing 737-500

    • View diatas antara Jambi ke Batam juga bagus, karena terbangnya nggak begitu tinggi jadinya gugusan pulau-pulau kecil terlihat cukup jelas.

Tinggalkan Balasan

