Mengakrabkan Diri dengan Komputasi Awan

Berawal dari laptop yang mulai sering mati tiba-tiba, maka saya berinisiatif untuk menyelamatkan berkas-berkas penting di dalamnya jika suatu terjadi hal terburuk pada laptop saya. Maka saya putuskan untuk mencari sesuatu yang bisa menampung berbagai macam berkas dengan kapasitas yang memadai dan tentu saja gratis. Googling dan mendapatkan apa itu yang namanya sistem komputasi awan. Cari sendiri ya apa itu komputasi awan hehehe…

aawan
Sumber: CHIP Online

Dari berbagai macam penyedia layanan tersebut saya jatuhkan pilihan pada Google Drive. Dengan alasan pertama yaitu praktis karena kita tidak perlu mendaftar, hanya perlu masuk dengan akun Google saja maka kita sudah bisa menggunakannya. Kedua, ruang yang disediakan juga lumayan besar yaitu 15 GB, meskipun itu juga termasuk untuk layanan surel dan Google Photo, tapi tidak masalah, 15 GB sudah cukup bagi saya dan ingat ini gratis, bandingkan jika kita harus mengeluarkan uang untuk membeli flash disk dengan kapasitas setara itu. Lagian kalau misalnya penuh bisa bikin akun Google lagi. Ketiga, sebagai raksasa di dunia maya, eksistensi Google sangat kuat sehingga saya harapkan layanan Google Drive ini bisa tetap bertahan.

Berbekal sinyal WiFi di kantor dan disela-sela pekerjaan, selama 2 minggu ini saya mulai mengunggah berkas dengan skala prioritas yang saya anggap paling penting. Kebanyakan berkas yang saya unggah adalah foto terutama foto Nashwa waktu bayi dulu. Sayang banget kan kalau dokumentasi itu hilang. Baru sekitar 25% saja berkas yang sudah saya unggah dengan memakan ruang 2 GB dari 15 GB yang disediakan.

Menggunakan Google Drive ini sangat mudah sekali, siapapun pasti mudah untuk memahaminya. Mulai dari membuat folder, mengunggah, memindah ke folder lain, menghapus dan mengunduh berkas sangat mudah sekali seperti yang kita lakukan pada berkas dalam komputer. Nggak hanya foto lho ya, berkas seperti ketikan baik dalam format Word, Excel, PowerPoint juga bisa kita unggah. Yang asyik dari Google Drive ini kita bisa membagi berkas kita kepada semua orang ataupun hanya ke orang-orang tertentu saja sesuai yang kita mau. Untuk fitur lainnya, saya belum mengubek-ubek lebih dalam, masih fokus mengunggah berkas yang lumayan banyak sembari mencoba mengakrabkan diri untuk lebih dalam memahami fitur- fitur yang disediakan.

Dengan Google Drive ini memang praktis karena kita bisa membuka berkas dimanapun dan kapanpun dengan syarat ada koneksi internet lho ya. Kita bisa membukanya melalui browser, aplikasi di laptop/komputer dan juga aplikasi mobile di gadget. Ini akan sangat membantu kita dalam kondisi mendadak dan kita tidak sedang tidak membawa penyimpan data yang kita butuhkan.

Dalam menggunakan Google Drive ini yang saya harapkan seperti sudah saya tulis di depan adalah Google bisa terus menjadi raksasa sehingga layanan ini tetap ada dan internet juga tetap ada di planet ini sehingga berkas-berkas saya yang ada di dalamnya tetap aman dan bisa saya akses saat saya membutuhkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s