Mobil Mogok Karena Traffic Light?

Setelah selesai, saya segera menuju ke mobil yang saya parkir di tepi jalan. Seperti biasa, setelah dekat dengan mobil saya pencet remote untuk membuka pintu, tapi tidak ada respon dari mobil, lampu sein tidak berkedip. Saya coba lagi beberapa kali tetap sama, maka kesimpulan saya waktu itu adalah baterai remote habis. Usaha yang saya lakukan adalah memukul-mukul remote dengan harapan baterai bisa sedikit mempunyai daya karena jika remote TV baterainya lemah, cara memukul-mukul remote bisa berhasil hehehe… Dan hasilnya tetap tidak bisa.

mengatasi-mobil-mogok
Ilustrasi jon… (sumber: otonity.com )

Yang saya lakukan kemudian adalah membuka pintu secara manual menggunakan anak kunci dengan konsekuensi klakson akan berbunyi berkali-kali. Dengan diiringi suara klakson yang memekakkan telinga saya segera masuk dan berusaha menghidupkan mobil tapi tidak bisa, saya coba berkali-kiali tidak bisa. Ketika suara klakson sudah berhentipun saya coba tetap tidak bisa.

Seorang bapak pemilik toko ditempat saya parkir mendekati saya dan berkata “Mas, disini banyak kejadian mobil tidak bisa dihidupkan, ini karena pengaruh lampu merah (traffic light)” kata bapak tersebut sambil menunjuk ke arah traffic light yang berjarak sekitar 50 meter dari tempat saya parkir. Lalu bapak tersebut menyarankan untuk mendorong mobil sejauh sekitar 100 meter dari tempat saya parkir, seperti yang dilakukan mobil-mobil lain jika mengalami hal serupa. Disana nanti mobil akan normal kembali.

Saya coba memutar kunci beberapa kali tetap tidak bisa maka saya cobalah apa yang dikatakan bapak itu. Dengan meminta bantuan tukang ojeg yang saat itu melintas, mobil kemudian didorong sampai jarak yang disarankan bapak tadi. Kunci saya putar dan…. mesin mobil menyala lagi seperti biasa. Aneh ya?

Dan ternyata ada saudara saya yang pernah mengalami kejadian serupa di tempat yang sama dan kebetulan merk dan tipe mobilnya sama. Untuk mobil lainnnya saya tidak ada informasi karena saya tidak bertanya ke bapak yang memberitahu saya, merk dan tipe mobil apa saja yang mengalami kejadian seperti ini, apakah satu merk atau berbeda-beda.

Karena penasaran apakah benar kejadian ini karena pengaruh traffic light, saya ngubek-ubek google dengan kata kunci “mobil mogpk karena lampu merah” atau “mobil mogok karena traffic light” dan semacamnya tetapi tidak ada satu artikelpun tentang ini. Apakah kejadian yang saya alami ini memang karena pengaruh traffic light? Hanya seingat saya memang sebelum perempatan tersebut dipasang traffic light, saya parkir di lokasi tersebut tidak terjadi masalah seperti yang saya alami ini. Hhhmmm… ini menjadi misteri…..

Tinggalkan Balasan

