Merangkai Jembatan

Jembatan yang diberi nama Jembatan Mayor H. Syamsudin Uban berikut ini dalam dunia konstruksi mungkin adalah hal yang kecil karena panjangnya hanya 100 meter. Tapi bagi saya yang awam dalam dunia konstruksi, ini hal yang cukup menarik diikuti dan jarang-jarang ditemui. Jembatan baru ini dibangun untuk menggantikan jembatan lama yang berupa jembatan gantung tali baja. Berdasarkan informasi dari teman kantor yang waktu kecil melihat jembatan lama dibangun, jembatan lama ini dibangun sekitar tahun 70-an. Sejak ada jembatan baru pada tahun 80-an yang lebih lebar yang berjarak sekitar 300 meter, jembatan ini hanya difungsikan untuk kendaraan roda 2 saja.

Sejak tahun 2014 dimulailah pembangunan jembatan baru dengan konstruksi baja. Pada tahap pertama adalah pembuatan pondasi jembatan dan dilanjutkan tahun berikutnya untuk pembangunan fisik jembatan yang selesai pada awal tahun 2016 ini. Sebenarnya sayang juga jembatan yang lama harus dibongkar, harusnya tetap dipertahankan dan dibangun di sebelahnya seperti Jembatan Bantar di atas Sungai Progo di D.I Yogyakarta itu.

Yang membuat saya tertarik adalah bagaimana proses perakitan besi-besi segede gaban besar tersebut hingga utuh menjadi sebuah jembatan. Merangkai besi dari dua sisi dan kemudian ketemu di tengah harus presisi. Selain itu melihat orang-orang pemberani yang bekerja di ketinggian, santai saja mereka itu kayak berjalan di tanah saja. Jika ada waktu luang, terutama waktu pulang kantor saya sempatkan mampir untuk melihat jembatan ini dirangkai. Selanjutnya biar foto yang berbicara ya…

1
Papan proyek tahap pertama (pembangunan pondasi)

1a

1aa

1b

1f

1g

2

3

4

4aa
Saat kedua sisi sudah bertemu di tengah

5

5a

6

dsc07814

dscn3966

dscn3971

dscn3974

dscn3976

dscn3980

dscn3983

ge
Lokasi jembatan yang ada kotak warna merah
dscn3984
Jembatan utama yang tahun depan akan dibangun ulang karena kondisinya sudah melengkung.
Iklan

3 thoughts on “Merangkai Jembatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s