Barang Jadoel

Ini apa pak?” tanya Nashwa beberapa waktu lalu sambil memegang sebuah klise foto yang tidak sengaja dia temukan di lemari. Sebelum menjawab pertanyaannya saya tertegun sesaat. Dalam hati saya berkata, kamu memang tidak hidup di jaman benda itu masih digunakan. Jamanmu adalah jaman digital, jaman instan. Kamu bisa memoto apapun sesuka kamu dan kapan saja, langsung bisa dilihat hasilnya dan kalau dirasa kurang bagus bisa diulang lagi. Kamu nggak perlu menunggu menghabiskan 1 rol klise film lalu mencuci sekaligus mencetaknya untuk bisa melihat hasil fotonya. Klise kini telah digantikan sekeping kecil kartu memori dengan kapasitas besar yang ketika penuh bisa dihapus dan kembali digunakan. Masih ada nggak sih yang melayani cetak foto dari klise sekarang ini?

jadul2

Benda lain yang sekarang telah menyandang gelar jadoel karena tergilas kemajuan jaman adalah disket. Benda satu ini dulu masih saya pakai dari awal kuliah sampai selesai untuk menyimpan berkas ketikan termasuk sripksi yang saya kerjakan di rental komputer. Disket kini tinggal menjadi kenangan digantikan oleh flash disk yang kecil namun mempunyai ruang penyimpanan yang jauh lebih besar. Flash disk sekarang kapasitasnya bergiga-giga, bandingkan dengan disket yang hanya 1,44 MB dan itupun mudah rusak. Apakah masih ada yang punya komputer dengan lubang disket?

jadul

Benda berikut ini memang masih bisa digunakan tapi sepertinya jarang orang mau menggunakan lagi termasuk saya, benda itu adalah kaset. Kaset kini telah digantikan oleh CD yang kualitas suaranya lebih bagus. Tapi CD juga mulai ditinggalkan dan beralih ke flash disk karena praktis, mudah gonta-ganti lagu kalau bosan. Ketika muda dulu seperti umumnya anak muda lain yang suka mendengarkan musik, saya juga membeli kaset-kaset lagu yang saya sukai. Jumlah koleksi kaset saya tidak banyak, sepertinya sekitar 50 buah. Pada dasarnya saya suka semua jenis musik, asal saya rasa enak saya suka. Saya punya kaset Linkin Park, tapi juga punya kasetnya Britney Spears :P. Kaset-kaset itu kini masuk ke kardus dan sudah berjamur pita kasetnya, jadi kalau diputar jelek banget. Kalau kangen dengan lagu-lagu masa muda dulu tinggal buka Youtube, selesai. Kaset “Prambors Hits Vol.2” yang terpampang dibawah ini keluaran tahun 2004 dan sepertinya ini kaset yang terakhir saya beli. Setelah itu mulai berkurang hobi ndengerin musiknya, hanya sesekali beli CD (kebanyakan bajakan 😀 ) atau kalau nggak ya download.

jadul3

Benda apalagi ya yang sekarang bisa dibilang jadoel?

4 thoughts on “Barang Jadoel

Tinggalkan Balasan

