Jalan-Jalan Mudik Lebaran 2016 (2): Gua Kebon

Di rumah mbahnya Nashwa, lebaran masih sekitar seminggu lagi. Puasa-puasa gini nggak mungkin mau jalan-jalan, bisa sih tapi gak bisa maksimal. Tapi sekitar 5 kilometer dari rumah ada obyek wisata yang dulu saya pernah kunjungi sekali thok pada saat SMP kalo nggak salah, namanya Gua Kebon. Sesuai namanya, di tempat ini  sesuai namanya terdapat gua dan juga terdapat air terjun dengan tinggi sekitar 3 atau 4 meter. Kata “kebon” dalam bahasa setempat artinya pekarangan. Nah karena berada di pekarangan, makanya dinamakan Gua Kebon. Dari postingan di medsos, saya tahu tempat itu sekarang sudah dipercantik, berbeda dengan dulu yang hanya seadanya. Karenanya saya penasaran untuk melihat langsung. Toh Cuma dekat ini, puasa gini nggak masalah.

Akses kesitu cukup mudah, jalan sudah beraspal dan ada beberapa pentunjuk arah. Melihat guanya, seingat memori saya masih sama seperti dulu, yang berbeda terlihat lingkungannya mulai tertata, dan dibangun tangga untuk menuju ke bagian atas. Saya tidak tahu berapa kedalaman gua ini, tapi sepertinya hanya pendek saja. Untuk airnya, menurut cerita-cerita nggak pernah kering walaupun pada musim kemarau. Batuan yang ada disini adalah batu kapur sehingga tidak licin jika kita main air.

Terlihat ada lapak-lapak jualan yang lagi kosong, mungkin karena bulan puasa, yang menandakan ada aktivitas ekonomi karena tempat wisata ini. Tapi fasilitasnya belum sempurna karena toiletnya masih belum selesai dikerjakan, jadi buat yang mau urusan ke belakang atau ganti baju karena main air, mesti numpang di rumah penduduk. Nashwa sebenarnya ingin main air juga, basah-basahan gitu, tapi karena puasa yang saya larang.

Tempat ini cukup baguslah untuk sekedar refreshing, tinggal dijaga saja semua yang sudah bagus ini. Karena kebiasaan orang Indonesia itu bisa membangun bagus tapi nggak bisa merawat. Dan siap-siap juga untuk populer lewat promosi gratis di medsos, tau sendiri kan  tampilan foto di medsos itu bagus-bagus, bikin orang penasaran padahal aslinya nggak sebagus di foto, contohnya ya saya ini hehehe… Industri pariwisata memang sedang bergeliat, berwisata sekarang sudah menjadi kebutuhan. Dan masyarakat terutama yang tinggal di dekat obyek wisata juga ikut menikmatinya, bisa jualan, buka tempat parkir, dll.

20160704_103753

20160704_104306

20160704_104117

20160704_105646

20160704_105712

20160704_105754

Cukup kerenlah tempat ini sekarang. Oiya, waktu kesana tidak dikenai uang tiket masuk ataupun bayar parkir kendaraan. Tapi mungkin kalau sedang ramai ditarik karcis masuk dan parkir juga. Buat yang mau tahu lokasi tepatnya, tempat ini ada Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Silahkan berkunjung kesana 🙂

Iklan

3 thoughts on “Jalan-Jalan Mudik Lebaran 2016 (2): Gua Kebon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s