Tradisi Minuman Kaleng Saat Lebaran

Di Sumatera khususnya di Jambi ada tradisi unik dalam lebaran, yaitu menyediakan minuman kaleng untuk tamu yang berkunjung ke rumah. Di Jogja sana tempat asal saya nggak ada tradisi seperti ini. Disana minuman yang disuguhkan paling-paling ya sirup, atau sekarang yang praktis ya air mineral atau paling banter seperti Teh Gelas atau semacamnya. Saya coba telusuri di google tentang tradisi minuman kaleng di Sumatera ini tenyata sudah lama, ada yang menyebutkan sejak tahun 70-an sudah ada.

Minuman kaleng yang disediakan beraneka macam, mulai dari produksi Indonesia sampai impor dari negara tentangga terutama Malaysia dengan beraneka macam merk dan rasa yang saya baru tau ketika saya mulai tinggal di Jambi. Disini, terutama menjelang lebaran, memang banyak sekali minuman impor dari Malaysia yang tidak pernah saya temukan di Jogja.

Tradisi ini pulalah, kantor memberikan bingkisan kepada pegawainya berupa minuman kaleng. Saya masih ingat orang tua saya di Jogja sana, dulu jika dapat bingkisan lebaran paling-paling hanya sebotol sirup ABC dan sekaleng biskuit Khong Guan warna merah yang legendaris itu.

Kalengs
Lebaran tahun ini dapat empat macam minuman berbeda. Mau ikut ngabisin?
Fanta
Setelah tulisan ini tayang kemarin, sampai rumah dapat tambahan satu lagi dari sebuah bank 😀

Btw, met Lebaran. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. Semoga kita bertemu lagi dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun depan, Amin…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s