MUDIK

Waktu mudik kemarin, sepanjang jalan antara Jambi dan Jogja saya melihat banyak orang yang mempunyai tujuan yang sama, mudik. Menggunakan berbagai macam moda transportasi, mulai dari mobil pribadi, bis, sepeda motor, dan bahkan bajajpun ada. Di tv saya juga melihat orang berjubel memenuhi kereta api dan kapal laut. Pesawat terbangpun penuh. Lebaran membuat orang rela menempuh ratusan bahkan ribuan kilometer untuk pulang, berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga. Mereka mengorbankan kenyamanan dan bahkan keamanan hanya demi satu tujuan bisa mudik dan berlebaran di kampung halaman bersama dengan orang-orang yang mereka cintai. Yang penting bisa terangkut dan sampai tujuan.

Mudik untuk merayakan Idul Fitri, merayakan hari kemenangan setelah berperang melawan hawa nafsu sebulan lamanya bukan hanya dilakukan oleh orang yang berpuasa, orang yang tidak berpuasa pun ikut merayakannya, ikut mudik. Bahkan yang bukan muslim pun memanfaatkan libur lebaran yang cukup lama untuk mudik. Berkah Idul Fitri memang untuk semua orang, bukan hanya untuk orang yang berpuasa.

Sekali lagi, selamat Idul Fitri 1430 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah masih mengizinkan kita berjumpa di Idul Fitri tahun depan, Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s