INTERNET MURAH: HARAPAN DAN KENYATAAN

Perkembangan jaringan internet berkembang luar biasa cepat. Beberapa tahun yang lalu, kita hanya mungkin melakukan koneksi internet lewat telepon rumah atau pergi ke warnet. Tetapi saat ini kita bisa terhubung ke internet lewat berbagai cara, salah satunya menggunakan sinyal seluler, baik lewat GPRS, EDGE, 3G, ataupun HSDPA dengan tarif yang semakin terjangkau. Dengan sinyal seluler kita bisa terhubung ke internet dimana saja dan kapan saja selagi masih ada sinyal.
Banyak pilihan internet murah dari operator seluler tanah air. Salah satu yang cukup laris karena tarif yang cukup murah adalah IM2 dengan program Broom unlimited Rp. 100.000,- per bulan. Walaupun IM2 sedang bermasalah karena jaringan 3G dan HSDPAnya kelebihan beban akibat banyaknya pengguna, tetapi 2 bulan memakai IM2 tidak ada masalah karena saya cuma menggunakan sinyal 2G alias GPRS (3G atau HSDPA tidak ada hehe…). Akses lumayan kencang, walau harus rela diatas jam 10 malam saat trafic sepi. Dengan tarif unlimited Rp. 100.000,- per bulan memang amat sangat murah bagi yang mempunyai waktu banyak didepan layar komputer. Sebagai perbandingan, tarif warnet di tempat saya Rp. 5.000,- per jam. Dengan Rp. 100.000,-, kita hanya bisa mengakses selama 20 jam saja, tidak sampai satu hari satu malam. Tetapi bagi saya Rp. 100.000,- per bulan belum murah karena pemakaian yang belum terlampau banyak. Sebenarnya saya sangat betah di depan komputer untuk browsing, tetapi waktu yang terbatas. Anak saya saat ini berumur 1 tahun dan sedang aktif-aktifnya. Saya hanya bisa menggunakan komputer pada malam hari ketika anak saya sudah tidur. Kalau siang sepulang kerja ya momong si kecil.
Setelah mencoba pulsa internet Indosat dan ternyata dah bisa, saya putuskan bye bye IM2 Broom Unlimited… Pulsa internet sudah cukup bagi saya, harga murah, Rp. 5.000,- bisa untuk akses 4 jam lebih walaupun speednya agak lambat. Terutama untuk download sangat lambat dan sering gagal, tapi lumayanlah dari pada harus ke warnet yang jauh. Kalo perlu download, misalnya update anti virus, saya rubah seting ke volume based yang emang lebih cepat.
Harapan banyak orang tentang internet murah tetapi cepat memang belum menjadi kenyataan. Yang ada ya kalau murah ya speednya murahan juga.. Begitu tarifnya murah, orang pada beli tetapi tidak diimbangi penambahan kapasitas jaringan, ya akibatnya koneksi jadi lambat seperti dialami oleh IM2. Bagi masyarakat yang tinggal di kota besar khusunya di Jawa, banyak produk akses internet yang bisa kita pilih, mana yang bagus yang kita pakai. Tetapi seperti saya yang tinggal di sudut ini, hanya ada 3 operator seluler yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL. Ketiganyapun hanya memancarkan sinyal GPRS. 3G atau HSDPA entah kapan sampai disini. Mau ga kualitas seperi ini? Kalau ga mau ya monggo…….. (sekali lagi konsumen dipihak yang lemah..)

Tinggalkan Balasan

