AKANKAH JENSON BUTTON JUARA DUNIA?

Fenomenal! Ya itu adalah kata yang tepat menggambarkan kiprah Brawn GP di Melbourne. Menempati pole position 1 dan 2 sekaligus sukses podium 1 dan 2 di balapan adalah luar biasa bagi sebuah tim debutan. Jenson Button ditempat pertama dan Rubens Barichello di tempat kedua. Tim ini terbentuk baru sekitar 1 bulan sebelum seri 2009 dimulai. Dibangun oleh Ros Brawn dari puing-puing tim Honda yang mundur dari ajang Formula 1 karena terpaan badai krisis dunia.
Balapan ini juga menjadi saksi betapa tidak berdayanya tim-tim papan atas seperti Ferrari dan Mc Laren. Para juara dunia juga tidak mampu menunjukkan kemampuan maksimal mereka. Hanya Hamilton yang dapat dibilang paling bagus. Start dari urutan paling buncit, ia mampu podium ke-3 meski dibantu oleh beberapa keberuntungan seperti tabrakan antara Kubica dan Vettel serta pinalti 25 detik yang diterima oleh Truli.
Pertanyaannya, apakah perfoma Brawn GP akan konsisten sampai di akhir musim dan mengantarkan Button menjadi juara dunia? Seperti kita ketahui, ada mitos yang menyebutkan pemenang di Australia akan menjadi juara dunia di akhir musim. Bernama lengkap Jenson Alexander Lyons Button, kelahiran Inggris 29 tahun yang lalu memulai debut di GP Australia tahun 2000 bersama tim Williams. Sempat mencuri perhatian pada awal karirnya di Formula 1 dan diharapkan banyak orang dapat menjadi pembalap sukses, tetapi karirnya justru semakin tenggelam. Button kalah bersaing dengan pembalap mapan seperti Scumacher dan Hakkinen. Juga belakangan kalah dengan para pendatang baru seperti Raikkonen, Alonso, dan juga rekan satu negara, Hamilton.
Suramnya karir Button banyak ditunjang tim yang tidak kompetitif. Selepas dari Williams, ia pindah ke Benetton, Renault, BAR dan Honda F1. Di tim Honda F1 inilah Button mendapat juara pertamanya tahun 2006 di GP Hungaria. Setelah tim Honda menyatakan mundur, nasib Button jadi tidak jelas hingga akhirnya Ros Brawn membeli tim Honda dan mendirikan tim baru yang diberi nama Brawn GP dengan menggunakan mesin Mercedes. Barichello dan Button masih dipercaya Brawn untuk mengemudikan mobil Brawn GP. Di tim baru inilah karir Button nampaknya akan kembali bersinar. Tapi balapan masih panjang. Mc Laren, Ferrari, dan Renault tentu tidak akan tinggal diam dengan kondisi ini. Balapan akan semakin seru….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s